Fakultas Dakwah Ganti Gelar Jadi Sarjana Sosial

Dekan Fakultas Dakwah, Bambang Saeful Maarif sedang mengunci ruangannya di Jl. Ranggagading No. 8 Unisba pada Selasa (29/12/2016). Unisba sebagai lembaga pendidikan tidak bisa menolak adanya perubahan gelar,  karena kampus ini sebagai pihak penerima harus menerapkan kebijakan Menteri Agama. (Destira/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Perubahan gelar bagi sarjana Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung (Unisba), yang semula Sarjana Komunikasi Islam (S.Kom.I) berganti menjadi Sarjana Sosial (S.Sos) mulai tahun 2017. Hal tersebut diutarakan oleh Dekan Fakultas Dakwah, Bambang Saeful Maarif saat ditemui di ruang dekan Kampus Ranggagading pada Selasa (27/12). Ia menjelaskan, hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan.

Bambang menambahkan perubahan gelar ini, tidak berpengaruh terhadap sistem akademik yang ada di Fakultas Dakwah, karena Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang sudah ditetapkan sejak tahun 2016. “Unisba sebagai lembaga pendidikan tidak bisa menolak, karena kampus ini, sebagai pihak penerima harus menerapkan kebijakan menteri Agama. Gelar hanya ada di atas secarik kertas ijazah, tapi bagaimana mahasiswa menunjukan kualitasnya,” ujarnya.

Ketua Bidang Akademik Unisba, Yan Bachtiar mengakui tidak mengetahui adanya pergantian gelar tersebut. Ia menjelaskan, saat ini belum adanya pergantian pada gelar sarjana Dakwah. “Sejauh ini, masih memakai gelar yang lama kecuali ada peraturan untuk merubahnya.”

Salah satu mahasiswi Fakultas Dakwah Eri Pitria Nur Solehah, mengaku tidak menyetujui perubahan gelar ini. Menurutnya, sepertinya menjadi tidak menjurus dengan bidang kajian Komunikasi Islam di Fakultas Dakwah. “Menurut saya pribadi lebih sepakat dengan gelar S.Kom.I saja, soalnya itu menjadi lebih menjurus dengan jurusan kita Komunikasi Penyiaran Islam, karena yang kita pelajari tentang Penyiaran Islamnya,” ungkap mahasiswi 2013. (Destira/Job)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *