Efik Yusdiansyah : Mahasiswa Harus Disiplin Dalam Pembayaran

Ditemui di gedung Rektorat Unisba, Jum’at (4/9), Efik Yusdiansyah menjelaskan alasan mengapa perpanjangan pembayaran UKT ditiadakan.

Suaramahasiswa.info, Unisba- Hari terakhir pembayaran Uang Kuliah Tetap (UKT) dilaksanakan pada Jum’at (4/9) di Student Center (SC), jl. Tamansari 1. Dari hasil pantauan tim Suara Mahasiswa, tidak ada perpanjangan waktu untuk mahasiswa yang belum melakukan pembayaran. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh wakil rektor II Unisba, Efik Yusdiansyah.

Efik Yusdiansyah memaparkan alasan mengapa tidak ada perpanjangan jadwal pembayaran. Beliau menginginkan seluruh mahasiswa terbiasa untuk disiplin dan tidak membenarkan kebiasaan mengulur waktu. Selain itu, kini tiap semester harus ada laporan ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dikti sehingga pembayaran harus dilaksanakan tepat waktu.

Ia menambahkan, untuk mahasiswa yang bermasalah dengan keuangan sudah diatasi oleh pihak universitas. “Dana talangan sudah disediakan, tapi kita tetap selektif memilih mahasiswa yang akan dibantu. Selain itu, bagi mereka yang bermasalah dianjurkan sesegera mungkin datang ke fakultas, jangan sampai ketika nanti masuk kuliah baru melapor,” tuturnya.

Perpanjangan waktu yang ditiadakan menuai komentar dari para mahasiswa, salah satunya Priyo Puji Laksono. Dia tidak menyetujui kebijakan tersebut, karena menurutnya, ada beberapa mahasiswa yang bermasalah dalam bidang finansial, sehingga membutuhkan waktu pembayaran yang lebih lama. “Bisa saja orang tua mahasiswa belum mampu membayar di tahap awal dan baru bisa di tahap perpanjangan,” ujar mahasiswa Fakultas Teknik Tambang tersebut. (Rifka/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *