Dosen Prodi Manajemen: Sistem Blocking, Solusi Jadwal Bentrok

Foto: Dokumentasi SM

Suaramahasiswa.info, Unisba – Universitas Islam Bandung menerapkan sistem silabus plus dalam mengatur jadwal dosen maupun mahasiswa dalam masa perkuliahan. Kabag. Akademik, Yan Bachtiar mengatakan sistem ini masih ada kekurangan yaitu belum adanya variabel mahasiswa sehingga jadwal bentrok terjadi, Senin (20/3).

Menurut Yan, sistem silabus plus memiliki fungsi dalam mengoptimalkan jadwal perkuliahan. Variabel mahasiswa yang belum ada menyebabkan banyaknya mata kuliah yang masih bentrok. “Silabus kan versinya berubah terus, ini kita pakai versi yang dulu dan belum diperbaharui. Bentroknya ini dalam mahasiswa. Biasanya mahasiswa bentrok ketika ngambil ke atas atau mengulang mata kuliah. Tapi sebenarnya bisa diakalin karena kelas paralelnya banyak,” tuturnya.

Dosen Program Studi (Prodi) Manajemen, Malik Akbar justru menilai seharusnya universitas memberlakukan sistem blocking. Sistem blocking menurutnya menjadi penanggulangan ketika jadwal suatu dosen ada yang bentrok dan langsung teratur secara otomatis.

“Misalnya hari Senin saya ada jadwal jam sembilan di ITB. Tapi karena ini ngeliat sistemnya diacak lagi secara global. Saya pun ada ngajar pula di Unisba, Fakultas Psikologi  jadwalnya jam sembilan juga itu enggak bisa soalnya ke block. Dia (baca: sistem) langsung meloncat ke atas atau ke bawahnya,” ucapnya.

Malik memaparkan kewajiban dosen yang hanya maksimal mengajar 12 SKS dapat dimaksimalkan perannya dengan baik. “Kalau yang saya lihat dari penggunaan sistem itu masih ada kekurangan ketika nanti ada perbedaan diantar fakultas. Jadi ketika kita menggunakan ID yang sama seharusnya dalam suatu ID itu kebuka semua dan ada sistem blocking.”

Bentroknya jadwal pun dialami mahasiswa Fakultas Psikologi, Syifa Selviani yang terhambat dengan sistem tersebut. Ia menjelaskan sistem yang dipakai kerap menyulitkan untuk bimbingan jadwal reguler maupun bimbingan penelitian. “Jadwalnya udah ada eh ruangannya enggak ada. Terus ketika saya ambil mata kuliah semester atas jadinya harus ditunda. Pilihannya ya batal tambah matkulnya soalnya banyak yang bentrok. Ketika pengen dipercepat malah terhambat,” pungkasnya. (Fadhis/SM).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *