Dosen Mengeluh, Unisba Pasang AC di Enam Kelas

Beberapa mahasiswa yang tengah menunggu waktu perkuliahan di ruangan 203A yang sudah dipasangi Air Conditioner (AC) pada Jumat (21/4/2017) di Jalan Tamansari No.1, Kota Bandung. Pemasangan AC di beberapa ruangan perkuliahan ini dilakukan karena jendela kelas diganti menjadi tertutup, agar suara gaduh dari luar tidak terdengar. (Febrian/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Penggantian jendela pada beberapa kelas di kampus Tamansari yang telah dilakukan bagian sarana prasarana Universitas Islam Bandung (Unisba), membuat ruang kelas tersebut tidak memiliki sirkulasi udara. Ketua Bagian Sarana Pra-sarana Unisba, Koko Heriyadi akhirnya melakukan penambahan Air Conditioner (AC) di ruang kelas 201, 202, 203A, 203B, 204A, dan 204B. “Perbaikan ruangan tersebut memakan anggaran sebesar Rp 26.325.105,000 untuk biaya pemasangan AC, peredam suara dan kaca film,” ujarnya saat ditemui di ruangannya pada Jumat (21/04).

Terkait tidak menyeluruhnya pemasangan AC di ruang kelas ini, Ayu Sutriani mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengungkapkan, jika Unisba harus adil dalam menyediakan AC ke seluruh kelas. “Karena kan kita bayarnya sama, jadi harus dapet fasilitasnya juga sama,” keluh mahasiswi angkatan 2016 tersebut.

Koko beralasan jika Kampus Biru miliki keterbatasan listrik, juga desain awal gedung yang tidak diperuntukan ber-AC. “Yah, mungkin kedepannya bisa kita pasang di seluruh klas. Hanya kita harus merubah seluruh jendela menjadi bentuk tertutup dan itu  membutuhkan biaya besar. Mungkin bisa lah sedikit-sedikit dengan anggaran yang ada merubah ruangan jadi lebih nyaman. Baru nanti kita ganti jendela dan pasang AC,” ungkapnya.

Sedangkan, penggantian jendela diungkapkan Koko karena beberapa dosen mengeluh. “Dosen yang mengajar merasa terganggu dengan suara motor yang sedang lewat, atau mahasiswa yang terlalu gaduh. Mereka minta jendelanya tuh ditutup supaya tidak terdengar suara dari luar,” tungkasnya.

Salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi, Aulia Millatina merasakan dampak dari pemasangan AC. Ia merasa lebih nyaman saat belajar. “Penyediaan AC membuat jendela otomatis diganti dengan yang tertutup hingga tidak terdengar lagi suara yang gaduh,” tandasnya. (Aldi/SM)