Bulan Ramadhan, Keamanan Masjid Al Asy’ari Masih Rawan

Sejumlah sivitas akademika Unisba berjalan keluar setalah melaksanakan salat ashar di Masjid Al Asy’ari Universitas Islam Bandung pada Jum’at (24/6). Selama bulan suci Ramadhan, menurut penuturan Ta’mir masjid, telah terhitung sekitar 20 persen kehilangan yang terjadi di masjid. Pelakunya sudah ada beberapa yang dicurigai tetapi masih sulit untuk di identifikasi. Selain itu, pengurus Ta’mir kini sedang berupaya mengajukan agar di pasang cctv di setiap sudut masjid.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Salah satu mahasiswa Fikom Unisba 2013, Zakky Mubarrak mengaku telah kehilangan sepatu yang disimpannya di tangga samping Masjid Al Asy’ari Unisba, saat menunaikan salat ashar pada Minggu (19/6). Zakky menceritakan, kala itu kondisi masjid masih sepi. Tak lama setelah ia menunaikan salat ashar, sepatunya sudah raib beserta kaus kaki yang ia simpan di dalamnya.

“Ketika mau menitipkan sepatu, petugasnya tidak ada yang terlihat berjaga di sana. Sebelumnya tidak menyangka juga kalau masjid Al Asy’ari rawan pencurian. Sarannya, pihak masjid atau universitas buat pasang cctv di titik dekat daerah penyimpanan sepatu, agar paling tidak keamanannya bisa di kontrol,” ujarnya.

Jauzi Zulfikar selaku ketua Ta’mir (pemakmur) Masjid Al Asy’ari pun tengah mengusut masalah ini. Selama bulan suci Ramadhan, telah terhitung sekitar 20 persen kehilangan yang terjadi di masjid. Pelakunya sudah ada beberapa yang dicurigai tetapi masih sulit untuk diidentifikasi. Selain itu, pengurus Ta’mir kini sedang berupaya mengajukan agar di pasang cctv di setiap sudut masjid.

“Mahasiswa dihimbau untuk menitipkan sepatunya di tempat yang telah disediakan ketika siang hari. Karena selebih itu, pihak masjid tidak bisa mengontrol lebih lanjut,” ucapnya.

Zaenaldi selaku petugas penitipan sepatu di masjid Al Asy’ari menuturkan, himbauan untuk menitipkan sepatu di tempat yang seharusnya masih kurang. Jika terjadi kehilangan, pihak masjid tidak bisa bertindak karena tidak diketahui pemiliknya. “Kami mendukung kalau ada mahasiswa yang mengusulkan cctv dipasang di sekitar masjid. Agar bisa meminimalisir kehilangan juga,” tuturnya. (Agistha/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *