Beradaptasi Dengan Media Masa Kini Melalui Teknologi

Rahma Landy menjadi moderator di acara Stadium General Jurnalistik bersama Dede Rahmadi (Kedua dari kanan) sebagai pembicara di Aula Utama Unisba, Rabu (3/6). (Foto: Kontributor)

Suaramahasiswa.info, Bandung- Rangkaian acara yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ) berlanjut pada Rabu (3/6). Studium General (SG) Jurnalistik bertajuk ‘Jurnalisme Masa Kini’ menjadi perhelatan kedua setelah sebelumnya menyelenggarakan pameran dan seminar foto pada 28 dan 29 Mei kemarin.  Dede Apriadi selaku Pemimpin Redaksi Net TV  dan Dedeh Fardiah ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (KPID) menjadi  pembicara di acara tersebut, dengan  moderator oleh Rahma Landy selaku Host Indonesia Morning Show Net TV yang berlangsung di Aula Utama Unisba.

Dede Apriadi memaparkan, media dari dulu hingga kini selalu berubah. Perubahan itu merupakan dampak dari pengembangan teknologi. Selain itu, ia juga memberikan tips agar dapat mudah beradaptasi dengan fenomena media masa kini salah satunya dengan akrab teknologi. ”Jurnalis jaman sekarang harus akrab dengan teknologi, akan fatal bila jurnalis tidak paham dengan teknologi seperti kamera High Definition,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Salma Nisrina sebagai ketua pelaksana berpendapat bahwa acara ini merupakan langkah bagi calon Jurnalis agar lebih menambah wawasan jurnalistik. Berbicara tentang ‘akrab teknologi’, mau tidak mau para calon jurnalis harus bisa beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru seiring berkembangnya media. “Kalau ada yang gaptek, mau tidak mau mereka harus mengenal dan mempelajari teknologi canggih jaman sekarang,” tutup mahasiswa Fikom Jurnalistik 2013 tersebut.

Hafidh Firmansyah salah satu peserta, mengaku cukup tertarik dengan SG yang diselenggarakan oleh KMJ tersebut. Terutama mengenai adaptasi seorang jurnalis terhadap teknologi. “Di era digital ini, adaptasi seorang jurnalis terhadap teknologi canggih memang udah wajib,” ujar mahasiswa Fikom 2014 ini. (Febi/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *