Antisipasi Kepadatan Pembayaran, Unisba Terapkan E-Channel

Foto: Ilustrasi

Suaramahasiswa.info, Unisba – Sejak menjalin kerjasama dengan salah satu mitra bank di Indonesia yaitu BRI Syariah, Universitas Islam Bandung (Unisba) menerapkan sistem pembayaran melalui media elektronik (e-Channel). Sistem ini digunakan untuk pembayaran IPU, ISKS dan pembayaran lainnya. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor II, Atih Rohaeti Dariah yang menuturkan tujuan diterapkannya sistem ini untuk mempermudah mahasiswa dalam pembayaran, tanpa harus mengantre ke teller bank.

Atih memaparkan, sistem e-Channel ini telah disosialisasikan kembali pada hari Rabu (7/3) saat acara pelantikan kepengurusan Dewan Amanat Mahasiswa Unisba (DAMU) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Unisba (BEMU). Menurutnya, sistem ini merupakan salah satu alternatif jika sistem pembayaran langsung mengalami kepadatan. “Zaman sekarang sudah canggih, jadi sistem ini memudahkan pembayaran tanpa perlu antre, hemat waktu dan juga tenaga,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 2017, Raymond Aufardo, mengungkapkan alasan ia memilih pembayaran melalui e-Channel. Menurutnya, pembayaran melalui media elektronik lebih praktis dari pada pembayaran melalui teller bank. “Lebih praktis aja dan bisa di mana aja, jadi enggak perlu capek ngantre”, ucapnya.

Berbeda dengan Raymond, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2017, Muhammad Saiful Islam Zulfikar, menuturkan jika dirinya lebih memilih sistem pembayaran melaui teller bank karena belum begitu mengerti dengan sistemnya. “Jadi lebih baik langsung ke teller, ngantre sebentar langsung beres.” (Ifsan/Job)