Alasan Fikom Pilih Langsung Ketua DAM Fakultas

Ketua BPPR Fikom, Vinny Mifthac tengah menjelaskan alasan pemillihan langsung bagi ketua DAM-nya di Gedung KHEZ Muttaqien, Unisba, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung pada Selasa (28/11/2017). Menurutnya, pemilihan langsung ketua DAM Fikom dilakukan karena kesepakatan saat Musyawarah Masyarakat Fakultas (MMF). (Febrian/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Dewan Amanat Mahasiswa (DAM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) untuk kedua kalinya akan melakukan pemilihan langsung untuk ketua DAM-F periode 2017-2018. Ketua BPPR Vinny Mifthac mengatakan, alasan pemilihan DAM Fikom secara langsung ini telah disepakati oleh masyarakat Fikom.

Ketua DAM Fikom Agung Adytia mengungkapkan jika pemilihan langsung tersebut dilakukan karena permintaan saat MMF pada tahun 2015. Rekomendasi tersebut disetujui dan dirancang secara pasalnya. Tambahnya, indikator kala MMF menyetujui ini adalah, suara masyarakat Fikom yang lebih representatif.

Namun, Agung mengatakan bila dibandingkan dengan sistem kenegaraan, Fikom melakukan hal berbeda dengan memilih langsung ketuanya. Bila di tingkat negara anggota badan legislatif dipilih langsung, kemudian baru dilaksanakan rapat untuk memilih ketua, hal sebaliknya terjadi di Fikom. “Pemilihan seperti itu dilakukan oleh Universitas Indonesia,” ucapnya.

Irfan Kafyama ketua DAMU menjelaskan, jika secara sistem setiap fakultas memiliki perbedaan. “Kemarin sempat ngobrol dengan teman-teman DAM fakultas. Bagaimana kalo kita kongres, terus kita buat kesepakatan,” ucapnya. (Intan Radhialloh/SM)