Dosen Unisba Lakukan Observasi Hilal

Ilustrasi melihat hilal. (Foto/Kompas.com)

Suaramahasiswa.info, Subang – Dosen Fakultas Syariah, TB Hadi Suktiksna melakuan observasi hilal di pantai Pondok Bali Mayangan, Kabupaten Subang pada Minggu (5/5). Hadi merupakan anggota Persatuan Umat Islam yang ditunjuk Kementerian Agama untuk mengobservasi hilal demi kepentingan sidang Isbat.

Kementerian Agama membagi 96 titik di Indonesia untuk mengobservasi hilal, salah satunya titik yang dilakukan Hadi. Observasi ini, kata Hadi, guna mengakomodir perbedaan. “Yang menjadi pegangan yaitu ketika Hilal terlihat di lima atau enam derajat. “Hari ini [Minggu], bulan di enam derajat, dan pasti besok [Senin] puasa.”

Hadi pun membawa anak didiknya yakni mahasiswa Fakultas Syari’ah untuk ikut melakukan observasi hilal. “Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan supaya antum [mahasiswa] banyak wawasan, melek tekhnologi, dan dapat menjalin silaturami,” ucapnya pada Minggu (5/5).

Mahasiswa Fakultas Syari’ah 2017, Fathiana Medina mengatakan, ilmu yang dipelajari di ilmu Falaq [ilmu Syari’ah] dapat berguna karena dapat melakukan observasi hilal. Fathiana juga lebih tahu alat untuk observasi dan bisa melihat tata surya dengan jelas. ucap mahasiswa angkatan 2017.

Reporter: Suci Pebrianti/SM

Penulis: Puspa Ellisa/SM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *