Belanda Kandaskan Meksiko Pada Menit Akhir

Belanda berhasil mengatasi perlawanan Meksiko di babak 16 besar piala dunia, dengan skor 2-1. Dengan hasil ini De Oranje berhak untuk melaju ke perempat final.

Pertandingan yang di gelar di Stadion Castelao, Fortaleza, Minggu (29/6/2014) WIB, berlangsung diluar prediksi, pada babak pertama Meksiko bisa menguasai banyak bola dan lebih memberikan ancaman ke gawang Belanda yang di jaga oleh Jasper Cillessen. Tim asuhan Louis van Gaal hanya bisa sesekali melakukan serangan balik, beruntung bagi Belanda hingga peluit panjang ditiupkan skor tetap sama kuat tanpa gol di babak pertama.

Selepas rehat, Belanda harus rela kebobolan dengan gol cepat Meksiko yang diciptakan Dos Santos pada menit ke-48. Dari luar kotak penalti, meski dijaga ketat Daley Blind, Dos Santos berhasil melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Bola meluncur deras ke sisi kanan gawang Belanda dan tidak bisa dibendung Cillessen.

Setelah gol dari Dos Santos Belanda seperti tersengat, pelatih Louis van Gaal memasukan Memphis Depay pada menit ke-56. Masuknya pemain anyar ini membuat De Oranje terlihat lebih gencar menyerang. Nihil hasil, runner up piala dunia 2010 ini kembali memasukkan amunisi baru, yakni Huntelaar, pada menit ke-76.

Dengan susah payah akhirnya Belanda bisa menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Wesley Sneijder pada menit-88. Sepakan gelandang Galatasaray ini tidak bisa dibendung oleh Ochoa, ia hanya terdiam melihat bola menggetarkan jala gawangnya. Kini kedudukan imbang 1-1.

Setelah semua orang mengira pertandingan akan dilanjutkan pada perpanjangan waktu, pada menit 90+1 Belanda mendapat hadiah penalti setelah akselerasi Arjen Robben dihentikan oleh Rafael Marquez di kotak terlarang. Huntelaar yang menjadi eksekutor tendangan dua belas pas menjalankan tugasnya dengan sempurna, mantan pemain Real Madrid ini berhasil menceploskan bola ke sisi kiri, sementara penjaga gawang Meksiko Ochoa bergerak ke arah sebaliknya. Gol ini menjadi gol terakhir dan Belanda pun memastikan lolos ke babak perempat Final.

Belanda: Jasper Cillessen, Daley Blind, Ron Vlaar, Stefan De Vrij, Paul Verghaegh (Memphis Depay 56), Georginio Wijnaldum, Nigel De Jong, Dirk Kuyt, Wesley Sneijder, Robin Van Persie (Huntelaar 88), Arjen Robben.
Pelatih: Louis van Gaal

Meksiko: Guillermo Ochoa, Francisco Rodriguez, Rafael Marquez, Hector Moreno (Reyes 46), Paul Aguilar, Hector Herrera, Carlos Salcido, Andres Guardado, Miguel Layun, Giovani Dos Santos (Aquino 61), Oribe Peralta (Javier Hernandez 75)
Pelatih: Miguel Herrera

(Insan/SM)