Telusur Masjid Penyedia Hidangan Buka Puasa Gratis

Panitia menuangkan air susu ke dalam gelas yang telah terisi mutiara sagu untuk dibagikan saat berbuka puasa di Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana No. 27, Kota Bandung pada Jumat (10/11/2019). Selama bulan Ramadan, cara mengisi waktunya yaitu dengan berburu takjil. Bagi yang terjebak di perjalanan, jangan lupa menoleh kanan kiri karena ada masjid yang sediakan takjil gratis yang bisa kamu santap.

Suaramahasiswa.info – Tidak terasa masa yang paling dinanti umat Muslim, bulan ramadhan tiba. Suasana bulan suci yang tercipta teduh, menjadi momen yang paling dirindukan. Mulai dari mata yang harus terbiasa bangun di waktu sahur, menahan dahaga di waktu dzuhur, menahan lapar di waktu ashar, sampai sholat tarawih di malam hari.

Selama bulan ramadan, salah satu cara mengisi waktu menuju buka puasa dikenal dengan istilah ngabuburit berburu takjil. Untuk kamu yang terjebak di perjalanan pulang saat adzan magrib tiba, atau kamu anak kos dengan misi nya yang serba hemat, penting nya melihat kanan kiri terutama beberapa masjid yang menyediakan takjil gratis.

Saat Suara Mahasiswa menelusuri beberapa masjid sekitaran Bandung, terdapat beberapa masjid yang menyediakan takjil gratis buat kamu.

  1. Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai)

Masjid Pusdai yang terletak di Jalan Diponegoro No. 63, lokasinya yang strategis menjadi alasan banyaknya pengunjung yang berdatangan. Paket takjil yang disediakan sekitar 1000-2000 jenis makanan yang bervariasi.

“Untuk takjil nya sendiri ya variatif, yang penting harus mengenyangkanlah biar kuat sampai sholat tarawih,” ucap Hendy sebagai pengelola Masjid Pusdai.

Adapun kegiatan lain Ngabucer (Ngabuburit Ceria) di mana beberapa anak diajak ke perpustakaan untuk belajar. Begitu juga kegiatan untuk orang tua, simaan yaitu kegiatan membaca Al-Quran yang dibimbing dengan dua orang ustad.

  1. Masjid Al-Ukhuwwah

Program takjil gratis memang sudah rutin dilakukan tiap tahun. Konsepnya dengan dapur ramadan, dimana para panitia lah yang akan memasak makanannya. Target takjil yang  disediakan sekitar 500-1000 pack, di dalamnya terdapat berbagai macam jenis takjil yang siap disantap pengunjung.

Menurut keterangan Ketua Bidang Keorganisasian dan SDM, DKM Masjid Agung Al Ukhuwah, Rohmani, sumber dana untuk membuat takjil didapat dari infaq jamaah secara umum dan melibatkan beberapa perusahaan atau instansi. Namun, tidak menutup peluang bagi pihak manapun untuk ikut berinfaq juga. Ia menambahkan, sebagai pelayan umat yang mendapat amanah kita manfaatkan lagi dan diberikan lagi, dari jamaah oleh jamaah untuk jamaah.

“Menurut saya bagus buat yg dari jalan ga sempet beli takjil, disini banyak dan enak juga membantu banget sih. Ya semoga bisa jadi banyak orang yang mampir ke masjid juga” tutur Reza sebagai pengunjung yang ditemui sekitaran masjid Al-Ukhuwah.

  1. Masjid Al-Asy’ari Unisba

Buat kamu yang sering melintasi Masjid Al-asy’ari atau anak kos disekitarannya, disini menjadi tempat berburu takjil gratis yang strategis, di Jalan Tamansari No. 1. Beberapa hidangan bervariasi di setiap harinya, mulai dari gorengan, sop buah, kurma, sampai nasi kotak.

Reza Karnia selaku panitia menuturkan kegiatan takjil gratis ini diberikan untuk umum, siapapun dapat menikmati secara gratis. Pengunjung program takjil gratis Masjid Al-asy’ari, Nuri Aliani menjelaskan, “kebetulan saya kan anak kosan, di masjid ini ada takjil gratis, bisa buka bareng temen-temen yang lain juga. Makanan nya juga enak dan banyak,” tuturnya

Jadi buat kamu yang belum sampai rumah ketika waktu berbuka puasa tiba, jangan mengeluh lagi. Karena terdapat beberapa tempat yang menyediakan takjil gratis, yang bisa kamu singgahi.

Semangat menjalankan puasa untuk semuanya!

Reporter: Aryana Catur & Eriza Reziana/SM

Penulis: Eriza Reziana/SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *