Hasil Pemilu, Harapan Pemimpin Berkriteria baik

Foto dari Gelora.co

17 April 2019, warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Legislatif di Pemilu serentak kemarin. Semoga kamu diantaranya dan gak golput ya. Sambil menunggu real count. Siapapun pemimpinnya. Pasti kita mengharapkan pemimpin dengan kriteria yang baik kan. Kalau menurut mahasiswa Unisba seperti apa ya?

  1. Takut kepada Allah SWT

Universitas Islam Bandung. Ketika berbicara mengenai harapan dan kriterianya dalam pemilu tahun ini. Wilda Siti Ruba’iah, Mahasiswi FEB berharap agar Pemimpin dan wakil rakyat yang nanti nya terpilih agar dapat mensejahterakan, terutama rakyat kecil. Menurutnya kondisi rakyat di Indonesia masih jauh dari kata sejahtera. 

”Saya menginginkan pemimpin yang jujur, adil, amanah, serta pemimpin yg takut oleh Allah SWT karena kalau pemimpinnya saja tidak takut oleh Allah pasti dia akan berbuat semena-mena dan keluar dari aturan Allah yg telah ditetapkan dalam Al Qur’an. Lalu bagaimana bisa negara kita menjadi negara yang lebih baik dari yg sebelumnya jika pemimpinnya saja tidak takut oleh Allah?” ucap Wilda.

  1. Amanah dan Jujur

Yang pertama, pasti dong siapa sih yang gak mau pemimpinnya gak jujur dan amanah? Kalau pacar kamu gak jujur bilangnya ngampus, eh taunya jalan bareng cewe lain. Sakit, kaya diremas jantunya. Nah, apalagi pemimpin. Mahasiswi fakultas teknik 2017, Winie Oetami, berharap pemimpin yang terpilih menjadi pemimpin yang amanah dan tidak hanya berjanji palsu. ”pemimpin itu sebagai contoh. Kalau pemimpinnya ga amanah, gimana bangsanya? Makanya harus jadi pemimpin yang amanah.” Ucapnya.

Kebayangkan pemimpinnya gak amanah, rakyatnya suka tipu-tipu juga nanti.

  1. Peduli Pada Rakyat

Indonesia, Negara luas, banyak pulau. Tentu saja banyak permasalahan yang harus diselesaikan dari perekonomian, pendidikan di negara berflower ini. Rizkya Ahdiyati, Mahasiswa Fakultas Hukum,  berharap para pemimpin dan wakil rakyat Indonesia bisa lebih mendengarkan suara rakyat serta menyelesaikan permasalahan di Indonesia dengan baik,

Ia juga mengatakan “Kalau untuk pemimpin, saya punya kriteria yang dimana pemimpin menurut saya itu harus amanah, jujur, tegas, berwawasan luas, berwibawa dan yang terpenting adalah peduli terhadap rakyat. Itu adalah sikap yang memang harus di miliki oleh seorang pemimpin,” katanya.

  1. Adil Tanpa Pandang Bulu

Banyak kasus yang sudah terjadi salah satu contohnya yaitu kasus pencurian sandal jepit milik seorang polisi oleh salah seorang warga di Sulawesi Tengah. Dilansir dari news.detik.com dalam kasus ini, AAL yang dituduh mencuri sandal jepit seorang polisi diancam tindak pidana 5 tahun. sementara, polisi yang memukuli nya hanya dikenakan sanksi tahanan 7 hari dan dihukum 21 hari.

Cerita tersebut, Disty Rafie Risvindika, Mahasiswi Fakultas Psikologi 2016 berharap untuk para calon pemimpin agar bijaksana dan bisa membawa Indonesia kearah yang lebih baik. Lebih pentingnya bisa memberikan keadilan kepada seluruh warga  Negara Indonesia tanpa memandang jabatan.

Nah, itu dia bebarapa harapan-harapan dan kriteria yang diinginkan untuk para calon pemimpin dan wakil  rakyat dalam pemilu tahun ini. Mungkin mereka yang diatas tadi mewakili kriteria mahasiswa Unisba lainnya. Salamat Pesta Demokrasi.

Penulis : Ervana Nurmelia/ SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *