Ini 6 Opsi Parkir untuk Wisuda Nanti

Suasana tempat parkir di bahu Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung. Area ini dijadikan salah satu opsi tempat wisudawan untuk memarkirkan kendaraan pribadinya, dalam hal ini beberapa wisudawan mengungkapakan kecemasan mereka yang takut tidak mendapatkan lahan parkir di sekitar kampus. 

Wisuda merupakan momen yang dinantikan sebagian besar mahasiswa semester akhir. Sabtu (26/8) mendatang Unisba akan menggelar momen ini, untuk 1.251 lulusan. Wisudawan dan wisudawati bersama keluarga dan kawan-kawannya akan menyerbu kampus demi agenda ini, entah kendaraan umum atau pribadi akan mereka gunakan.

Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi mungkin akan bingung untuk memarkirkan kendaraan. Setelah melakukan survey di beberapa tempat, Suara Mahasiswa dapat opsi tempat-tempat parkir yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan kendaraan.

  1. Jalan Tamansari sepanjang Kampus Unisba

Sepanjang jalan ini kalian bisa memarkir kendaraan dengan tarif yang tidak ditentukan oleh juru parkirnya. Sekitar 3 juru parkir mengurus jalan Tamansari ini, salah satunya yang biasa disapa Bang Jon, ia menjaga parkiran sekitar Tamansari dari lapak roti kukus hingga samping gerbang Unpas. Ia tidak pernah mentarif harga parkir bagi mahasiswa yang ingin menitipkan kendaraan pribadi kepadanya.

“Saya gak pernah mau menetapkan tarif atau minta uang parkir. Soalnya yang parkir disini anak-anak yang dekat dengan saya, jadi engga enak lah,” katanya.

Sekitar 31 satu kendaraan dapat diparkir di sepanjang jalan tersebut, namun sebagian diantaranya telah penuh oleh lulusan yang memesan dari jauh-jauh hari.

  1. Parkiran Dekat Pos Menwa dan Tamansari 24

Ditempat ini mungkin mahasiwa akan merasa lebih tenang karena yang bertanggung jawab di tempat tersebut masih dari pihak kampus. Bagi wisudawan yang ingin parkir di sini dapat memesan langsung kepada staf parkir di dekat Sekretariat Resimen Mahasiswa. Dengan tarif Rp 50.000, mahasiwa sudah bisa parkir di tempat tersebut.

  1. Jalan Sawunggaling hingga Pertigaan Ranggagading

Meskipun sedikit jauh dari kampus, tempat ini bisa jadi alternatif para wisudawan yang tidak medapatkan tempat dekat kampus. Dari kapasitas 17 mobil, ada enam yang sudah memesan tempat tersebut. Asep Muhammad selaku juru parkir di sana memasang tarif sebesar Rp 50.000 per mobil.

  1. Bahu Jalan Taman Radio hingga Madtari

Berbeda dengan tempat sebelumnya, kemungkinan tempat parkir ini memberi harga yang relatif lebih murah. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 25.000-30.000, Ule selaku juru parkir menjelaskan, kapasitas daerah tersebut untuk 15 mobil. Tempat ini juga bisa dijadikan alternatif dikarenakan belum ada yang memesan.

  1. Sepanjang jalan Hariangbanga

Jalan ini mungkin tidak begitu jauh dari kampus, selain itu tempat ini juga bisa dibilang terjangkau. Karena dari penuturan juru parkir di sana, Tomo, ia tidak ingin menarif bagi pelanggannya yang ingin parkir. “Saya tidak ingin menarif, ibaratnya kalau saya pasang (tarif) besar dan mereka enggak ridho. Engga enak kalau uangnya saya pakai makan,” ucapnya.

  1. Baltos dan BIP

Bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan kocek yang besar, kedua tempat tersebut bakal jadi tempat yang ampuh untuk menghemat uang kalian. Hanya dengan Rp 3.000 di jam pertama dan Rp 1.500 per satu jam berikutnya, kalian tidak akan mengeluarkan uang yang relatif besar untuk parkir. Tempat ini pun jadi tempat alternatif bagi kebanyakan lulusan.

Namun, jika kalian memarkirkan mobil di tempat tersebut, kalian perlu menempuh waktu sekitar 7 menit untuk berjalan ke kampus dengan jarak sekitar 600 meter dari Balubur Town Square. Sedangkan satu kilometer dari Bandung Indah Plaza jika berjalan melalui Jalan R.E. Martadinata (Riau), dan 750 meter melalui Jalan Punawarman dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Salah satu wisudawati dari Fakultas Ilmu Komunikasi Suci Ramdhini Sofyan menanggapi kejadian tersebut, Ia merasa kecewa dengan helatan akbar yang digelar di kampusnya. Ia juga mengutarakan kecemasan beberapa wisudawan yang takut tidak mendapatkan parkir yang dekat, hingga harus memesan lebih dulu. “Diharapkan kalau ada acara wisuda kaya gini bagusnya di tempat yang luas, misal di Sabuga, parkirannya juga luas,” ucapnya. (Intan Radhialloh/SM)