[TIPS] Agar Menjadi Anak Kost Yang Sejahtera

Bagi sebagian mahasiswa yang tinggal di tempat kost karena merantau untuk menuntut ilmu di kota orang, menghemat uang jajan yang diberikan orang tua adalah tantangan terbesar. Buat kamu mungkin yang susah buat mengatur pengeluaran, dibutuhkan taktik untuk mengelola keuangan agar uang jajan yang diberikan orang tua cukup hingga batas waktunya. Berikut tips yang perlu kamu lakukan sebagai anak kost agar selalu “sejahtera” dalam urusan dompet.

1. Buat daftar skala prioritas
Membuat daftar skala prioritas penting untuk mengatur kebutuhan apa saja yang harus segera kamu penuhi dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar kamu tidak terlewatkan, jangan sampai kamu bisa beli baju mahal, tapi kamu nggak bisa makan seminggu. Kamu juga perlu menahan diri dari keinginan-keinginan yang menguras uang jajan, seperti menonton konser, menonton film di bioskop dan shopping ke mall, hal itu yang bisa buat kantong kamu menipis sebelum akhir bulan.

2. Catat semua penggunaan uang jajan
Catatan ini penting untuk kamu memonitoring uang jajan. Misal, pengeluaran kamu minggu ini berlebihan karena sakit dan harus ke dokter, jadi kamu bisa mengatur kembali kebutuhan minggu depan agar pengeluaran tetap terkendali. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui sisa uang jajan dari bulan ini, dan sisanya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan kamu seperti jalan-jalan ke mall, menonton di bioskop, menonton konser atau makan di luar.

3. Masak makanan sendiri
Jika tempat kost yang kamu tempati memungkinkan untuk memasak, masaklah sendiri,pengeluaran kamu bisa lebih hemat. Tapi kalo tempat kost kamu engga memungkinkan untuk memasak sendiri, belilah rice cooker untuk menanak nasi, jadi kamu cukup ke warung buat membeli lauknya saja.

4. Mencuci pakaian sendiri
Jika tempat kost yang kamu tempati memiliki ruang untuk menjemur dan mencuci, cucilah pakaian sendiri. menggunakan jasa laundry, kamu harus keluar uang lagi dan bisa memakan waktu hingga 3-4 hari. Selain itu jika mencuci sendiri, kamu nggak perlu khawatir pakaian kamu rusak atau tertukar.

5. Gunakan transportasi umum
Apabila di wilayah kampus kamu terdapat angkutan umum dan bisa mengurangi pengeluaran, sebaiknya kamu memanfaatkannya. Terlebih jika kost kamu dekat dengan kampus, kamu bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda sekalian olah raga. Bisa juga kamu berangkat nebeng teman, lumayan bisa hemat ongkos.
Demikian tips untuk menghemat pengeluaran bagi kamu seorang mahasiswa. Kuncinya adalah, kamu harus mampu memilih dan memilah kebutuhan yang penting dan tidak penting. Jangan malu untuk melakukannya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. (Harris Darussalam/SM)