[TIPS] Cara Mempersingkat Waktu Di Bulan Penuh Berkah

Puasa merupakan kegiatan menahan makan, minum, dan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa sendiri adalah kewajiban seluruh umat Islam untuk menjalankannya. Bagi sebagian besar orang, menahan makan dan minum merupakan hal yang sangat biasa dan mudah untuk dikerjakan. Akan tetapi, untuk menahan nafsu bagi sebagian orang sangat sulit dan terkadang terhasut oleh bujuk rayu teman.
Ada banyak kegiatan-kegiatan dalam menjalankan ibadah puasa dari berkumandangnya adzan shubuh sampai adzan magrib. Dari hasil survey bertanya kepada teman dekat, masyarakat, dan ustadz, ada beberapa kegiatan yang dapat menjadikan ibadah puasa terasa cepat tapi tidak mengurangi pahala, namun ada juga yang tidak menambahkan pahala kita. Yuk kita simak baik-baik…
1. Tadarus Al-Quran
Tadarus Quran memang sangat efektif, karena sangat berguna untuk banyak orang ditambah dengan menjalankan puasa di bulan Ramadhan, sehingga pahala yang kita dapat akan berlipat ganda.
2. Tidur
Hal ini masih sering dilakukan karena banyak yang mengatakan bahwa tidur di bulan Ramadhan sama saja mendapatkan pahala. Sebaiknya tidak sepenuhnya waktu dipakai untuk tidur, masih banyak kegiatan yang berguna bagi kita dan mendapatkan keberkahan.

3. Bekerja
Bekerja dapat mempersingkat waktu, hal ini dibenarkan jika kita fokus dan konsetrasi terhadap pekerjaan kita dan diakhiri dengan mendapatkan penghasilan.

4. Menonton Film
Cara ini sering dipakai karena dikatakan waktu kan terasa cepat terlewati. Kita terlalu terpaku oleh tontonan yang diberikan, akan tetapi jangan sampai ketinggalan kewajiban shalat lima waktu.

5. Bermain Game
Untuk cara ini pasti sangat efektif, apalagi bagi gamers. Waktu akan terasa singkat karena akan lupa waktu dalam bermain game karena keasyikan.

6. Ikut Organisasi (Panitia Ramadhan atau Baksos)
Kegiatan seperti ini akan bermunculan dan sering dilaksanakan karena bertepatan pada bulan Ramadhan. Kegiatan ini akan sangat berguna dalam menjalankan ibadah puasa.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat mempersingkat waktu kita dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramashan ini. Masih banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan di bulan penuh berkah ini, mungkin kalian punya cara sendiri dalam menjalankan puasa. Semoga tips ini bisa menjadi referensi dan berguna bagi kalian. (Agam.R/SM)