[TIPS] Persiapan untuk Menghadapi UAS

Ujian Akhir Semester(UAS) akan tiba sebentar lagi. Berbagai persiapan dilakukan untuk menghadapi “makhluk” mengerikan ini. Walaupun bisa dihadapi, ujian kali ini harus dijalankan dengan serius. Berikut beberapa tips ringan untuk menghadapi UAS:
1. Persiapkan Materi Ujian Dengan Matang
Jika yang dihadapi adalah ujian tulis, maka yang harus dilakukan adalah membuka kembali materi yang telah diberikan. Kadang-kadang dosen memberikan kisi-kisi, namun tidak ada salahnya membuka kembali materi yang lain. Tidak sedikit dosen yang memberikan soal di luar kisi-kisi. Lain halnya jika dihadapkan dengan ujian take home yang diberikan dosen jauh-jauh hari untuk dikerjakan di rumah, persiapkan bahan untuk mengerjakan tugas tersebut dan konsultasi dengan dosen yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeliruan.

2. Jaga Kesehatan
Faktor penting penunjang ujian adalah badan yang sehat. Walaupun materi sudah dipersiapkan dengan baik, jika tubuh tidak sehat materi yang dipelajari pun tidak akan diserap dengan maksimal. Makan dengan teratur dan konsumsi buah-buahan. Jika memungkinkan, konsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Persiapkan Kartu Ujian dan Alat Tulis
Ketika ujian berlangsung, kartu ujian adalah hal yang wajib dibawa. Kesalahan paling fatal adalah kartu yang tertinggal bahkan hilang. Selipkan lembaran kecil ini di tempat yang aman dan selalu dibawa. Periksa kembali alat tulis sebelum memulai ujian. Jika tidak ada, bisa membeli terlebih dahulu atau meminjam kepada orang lain.

4. Berdo’a Agar Diberi Kemudahan
Inilah hal yang terpenting. Kunci untuk lulus ujian adalah do’a, usaha, ikhtiar, dan tawakal. Ketika usaha terbaik sudah dilakukan, do’a berdiri di atas segalanya. Agar usaha dimudahkan dan ujian dilancarkan. Tapi bukan berarti lebih banyak meminta daripada berusaha. Kedua hal ini harus tetap berjalan seimbang.
Itulah beberapa tips yang dapat diberikan. Setiap orang memiliki caranya sendiri. Semoga dapat membantu kawan-kawan dalam menjalankan ujian. Selamat Ujian! (Maynolita/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *