[TIPS] Cuci Piring? Seru Kok!

Oleh : Faza Rahim

“Kamu boleh belajar setinggi langit, boleh belajar politik, filsafat, apapun. Tapi ilmu cuci piring, beberes rumah, gak akan ada yang ngajarin mi. Kecuali orang tua.. pahami dan lakukan. Suatu hari nanti kamu jadi Ibu&orang tua, tau…” -Ibu saya.

HALO dunia maya. Mau nyenengin orang rumah? mau bikin keluarga bangga? gak perlu selalu dengan yang mahal atau yang besar. Cukup dimulai dari hal kecil.

Pasti kalian semua udah gak asing kan sama yang namanya mencuci piring. Apalagi para wanita. Mencuci piring adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Bagaimana tidak? seger loh kalau tangan kita terkena air dingin.. Tapi sebagian orang awalnya memang malas mencuci piring, apalagi kalau ternyata piring, gelas, katel, dan alat-alat dapur yang lainnya terlihat terlalu menumpuk, sehingga terkesan ‘buset banyak banget’ dan keburu bikin kita males deh buat nyuci…. Mencuci piring juga ternyata merupakan kegiatan mendasar dalam berumah tangga selain dari ngepel, nyuci baju, nyapu, dan memasak. Walhasil, kalau kita ingin sukses berumah tangga, ya minimal bisa mencuci piring deh buat nyenengin suami dan mertua *wets*

Nah di post ini  penulis mau share beberapa tips untuk mencuci piring. Chek it out!

  1. Pertama nih, ketika kita mau mulai mencuci piring, kelompokkan serta pisahkan terlebih dahulu mana yang sendok+garpu,piring+mangkok,gelas, katel, dan alat yang berminyak. Niscaya akan memudahkan proses mencuci.
  2. Setelah dipisahkan, ambil sabut (busa buat nyuci piringnya) lalu tuangkan sabun kesitu. Jangan ke wadahnya ya teman. Karena itu bisa bikin wadah jadi lengket, dan berbau tak sedap. Tuangkan secukupnya.
  3. Beri air pada sabut tersebut sampai berbusa, lalu mulailah dengan mencuci gelas,sendok,garpu. Mengapa? karena itu adalah alat-alat yang masuk ke dalam mulut kita. Jadi harus dicuci dalam keadaan steril.
  4. Berikutnya, mulailah mencuci piring/mangkok, dahulukan yang tidak berminyak. Apabila di piring dan mangkok masih ada sisa makanan, jangan dibuang di wastafel ya, buang saja ke plastik. Kalau di buang ke wastafel nanti malah mampet 🙂 oh ya, usahakan dibuka lubang wastafelnya. Supaya air mengalir dengan lancar, busa pun sama. Jadi gak ada kesumbat-kesumat gitu deh..hehehehe
  5. Sudah clear dengan yang kecil-kecil, mari mulai dengan katel, dan alat memasak yang lainnya. Jika kita baru beres memasak yang berminyak, alangkah baiknya jika katel kita rebus dulu dengan air hangat. Supaya minyaknya gak bersisa lagi di katel..
  6. Buat menghangatkan suasana, bawa hape kalian, bikin playlist lagu khusus cuci piring, dengerin keras-keras. Enjoy. Kita bisa bersenandung, berkhayal, dan bahagia sambil mencuci piring

Beres deh.. Tinggal kita masuk-masukin aja piring dan kawan-kawan ketempatnya. Hati-hati ya, pada barang pecah belah.

Seru kan? yok dicoba. Dijamin, orang tua dan keluarga dirumah kalian bakalan seneng..

You can be a global thinker, but don’t forget to ‘Act Locally’ 🙂