Tips Berolahraga di Bulan Ramadhan

Ilustrasi disadur di Net.

Oleh: Raden Muhammad Wisnu*

Bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Muslim telah tiba, yaitu Bulan Ramadhan. Bulan yang  setiap amal akan diganjar pahala yang berlipat dan bulan dimana pintu ampunan dibuka lebar. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkanatas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah 2:183).

Puasa adalah ibadah. Bahkan, tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah ibadah. Tidur bisa menjadi kebaikan jika memang untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Namun, alangkah baiknya jika melakukan rutinitas seperti belajar, bekerja dan berolahraga tetap dilaksanakan, agar waktu tidak terbuang sia-sia dann tentunya pahala kita dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sejatinya puasa hanyalah tidak makan dan minum sebelum waktunya, bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas, salah satunya berolahraga.

Olahraga saat berpuasa baik dilakukan menjelang waktu berbuka, agar tidak mengganggu aktivitas lainnya, serta tidak merasakan dehidrasi. Satu hingga dua jam sebelum berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk berolahraga, sekalian ngabuburit. Berikut adalah tips untuk berolahraga di bulan puasa:

  1. Pastikan asupan makanan dan minuman saat santap sahur cukup, dengan porsi gizi yang seimbang sehingga terhindar dari dehidrasi di siang hari dan mampu berolahraga di sore hari.
  2. Lakukan peregangan dan pendinginan secukupnya sebelum dan setelah selesai berolahraga agar tidak cedera.
  3. Berbuka puasa dengan yang manis, seperti pisang, kurma, maupun buah-buahan lainnya yang dengan cepat dapat mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas saat berpuasa dan berolahraga. Tidak lupa, minumlah banyak air mineral setelah berolahraga.
  4. Pastikan asupan makanan saat berbuka dengan gizi seimbang, untuk mengembalikan energi yang sudah dibakar saat seharian berpuasa dan berolahraga tadi.
  5. Istirahat cukup di malam sebelumnya agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga.

Jadi, tunggu apalagi? Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga! Berolahraga banyak manfaat mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan psikis. Ingat, mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintaioleh Allah SWT. Nah, selamat mencoba! Salam olahraga dan selamat menunaikan ibadah puasa!

*Penulis adalah mahasiswa Fikom 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *