[TIPS] 5 Cara Supaya Kamu Jadi Smart Voter

Ahay sobat kampus ketemu lagi nih sama Suaramahasiswa tips, udah lama ya gak nulis tips-tips keren yang menggelegar dan membahana hahahaha. Okay to the point nih ya, kan kita bentar lagi bakalan dihadapin sama yang namanya pemilu, pasti buat kamu yang sekarang masih tingkat 1,2 atau 3 baru pertama kali milih kan? hah apa? Udah pernah?? Haha gak apa apa kok gak ada kata telat buat kuliah bro. Jadi gini nih, kita mau bagiin tips buat kamu supaya jadi pemilih yang cerdas, apa lagi kalo kalian masih bingung. Tenang-tenang ini bukan tulisan kampanye hitam, atau kampanye gelap atau kampanye mati lampu atau apalah itu. Nah gan, sist, cek it out okay……
1. Gak Ikut-Ikutan Temen
Ya yang namanya temenan gak harus selamanya kompak bagai kepompong gitu kan, bisa aja kalian beda pendapat dan harus saling menghargai. Nah kalo temen kalian ada yang simpatisan salah satu pasangan capres-cawapres, bukan berarti kalian harus ikut-ikutan atau malah jadi musuhin. Yang kalian harus lakuin adalah cari tahu kenapa dia pilih pasangan itu, dan siapa tahu alasannya logis. Terus cari perbandingan sama capres yang satunya.

2. Hati-Hati Sama Keterampilan Bicara
Ya kemampuan berkomunikasi memang sebuah indikator kecerdasan seseorang. Tapi gak semua orang punya keterampilan itu. Nah sekarang ini tuh kan lagi zamannya nobar debat capres-cawapres tuh, kalian jangan kejebak sama calon mana yang jago ngomong atau engga, ambil inti omongannya aja. Selebihnya, kalian bisa menimbang dan menilai mana yang lebih cocok dan nyaman di hati.

3. Gak Terjebak Nostalgia
Track Record emang penting tapi gak berarti itu jadi indikator utama. Kita semua pasti tahu kedua pasangan capres-cawapres itu punya jejak gemilang atau gelap di masa lalunya. Tapi jangan terlalu terpatok sama hal itu ya sob, wajar lah mereka kan manusia pasti punya catatan baik dan buruk dimasa lalunya. Gak percaya? Tanya deh malaikan kiri-kanan kamu.

4. Banyakin Kepo
Nah udah gak zaman tuh kepoin mantan atau kecengan. Kita sebagai pemilih cerdas harus kepo sama kegiatan calon-calon pemimpin bangsa kita nih guys. Gak cuma kegiatan aja sob, visi, misi, latar belakang, instagram, path, atau friendsternya juga kudu kita kepoin. Ikutin berita-berita mereka di media juga bisa tuh, tapi harus pinter ya milah milih medianya. Dengan gini kita bakal nemuin bahan pertimbangan buat milih ntar.

5. Kurangin Begadang
Waits… ini serius sobat kampus, kata bang haji juga jangan banyak begadang soalnya gak sehat. Siapa tahu gara-gara kamu begadang kamu jadi atit, terus terpaksa harus istirahat, terus gak bisa bangun dari kasur, terus..terus gak bisa dateng ke TPS, jadi lebar kan sama surat suaranya gak kepake, mana itu udah cape-cape di print, di sortir, di lipet. Selain itu juga kalo kamu begadang bakal banyak black campign soalnya gelap #garing

Nah gimana sob? Keren bingits kan tipsnya. Kita harepin sih kamu gak sia-siain hak suara. Kapan lagi beroh mumpung masih ada pemilu nih. Pilih pake hati nurani ea qaqa, be a good voter! (M. Roby Iskandar/SM)