Menghabiskan Waktu Liburan Dengan Membaca

“Beberapa anak tampak sedang membaca buku di Taman Bacaan Cianjur untuk mengisi liburan mereka. “

Suaramahasiswa.info, Cianjur – Masa liburan telah tiba, berbagai macam cara digunakan oleh banyak orang untuk menikmatinya. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan yaitu seperti bermain, piknik, dan berkumpul bersama keluarga. Tampaknya, meski libur sekolah, anak-anak di Cianjur masih memiliki semangat yang luar biasa dalam menimba ilmu pengetahuan.

Terbukti dari banyaknya anak-anak yang datang ke taman bacaan Cianjur. Tempat yang baru diresmikan pada 4 Desember tersebut, setiap harinya selalu penuh di datangi pengunjung. Namun, Hj.Erlis sebagai petugas menyebutkan bahwa tidak ada kenaikan ataupun penurunan jumlah pengunjung ketika liburan. “Jadi sama saja, tidak dapat diperkirakan, kadang naik kadang turun,” tuturnya.

Sumi Huzaimah, merupakan salah satu anak yang memilih untuk menghabiskan waktu di taman bacaan Cianjur ketika liburan. Ia mengaku baru beberapa kali datang ketempat tersebut, namun ia akan mengajak teman-temannya agar bisa ikut membaca di taman bacaan itu. Menurutnya menghabiskan waktu liburan dengan membaca itu mengasyikan.

“Aku suka baca buku novel, sejarah islam, sama buku lainnya. Disini aku juga bisa sambil ngebuburit , soalnya tempatnya nyaman dan seru. Dari pada diem dirumah mending kesini aja,” ucap siswi SMPN 2 Karangtengah tersebut.

Bukti dari adanya sisi positif dalam pendidikan di taman bacaan ini adalah adanya kunjungan dari beberapa TK. Anak-anak dipersilahkan duduk dan guru mereka yang akan membacakan buku. Selain itu, untuk saat ini terdapat buku-buku baru sumbangan dari BSM Jakarta. Hal ini dikarenakan sudah semakin banyak minat masyarakat dalam membaca untuk menambah wawasan.

Liburan yang berbarengan dengan bulan ramadhan ini , menjadikan tempat tersebut sebagai wadah untuk mencari ilmu sekaligus ngebuburit. Tidak hanya anak-anak SD sampai SMP saja yang datang, bahkan SMA hingga dewasa pun banyak yang menghabiskan waktu mereka dengan membaca. Tempat yang strategis karena berdekatan dengan Mesjid Agung Cianjur membuat tempat ini ramai pengunjung.

Hingga saat ini pengunjung yang datang tidak pernah kurang dari 50 orang. Ketika hari-hari biasa maupun libur rata-rata 70 orang perharinya, meskipun beberapa kali sempat mencapai 100 bahkan lebih. Pengunjung yang datang memang didominasi oleh perempuan, namun tak jarang laki-laki pun membaca disini. “Bahkan pas liburan banyak juga orang luar kota yang datang untuk membaca buku disini,” Tutupnya. (Intan Silvia/SM)