Mahasiswa dan Tridharma

1. Pendidikan dan pengajaran
2. Penelitian dan pengembangan
3. Pengabdian pada masyarakat

Tahukah Anda 3 pilar di atas itu apa?

Seringkali Mahasisiwa dikatakan sebagai kalangan yang intelektual dan selalu membawa perubahan. Namun apakah itu benar? Dari pandangan saya banyak mahasiswa yang tidak mengetahui ketiga pilar di atas, lalu apakah bisa mahasiswa dikatakan sebagai kalangan yang intelektual sedangkan tiga pilar yang menjadi dasar merekapun tidak mengetahuinya.

Peran mahasiswa dalam tridharma perguruan tinggi bisa dikatakan penting, karena mahasiswa dicap sebagai agent of change yang secara langsung mempengaruhi faktor yang ada dalam tridharma tersebut. Namun seberapa pentingkah kita sebagai mahasiswa untuk mengetahui dan menerapkannya? Pentingnya mahasiswa untuk mengetahui dan menerapkannya, karena kita diharapkan bisa menjadi salah satu kalangan yang bisa mencapai tujuan bangsa Indonesia seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yaitu, “ mencerdaskan kehidupan bangsa”

Namun wajah mahasiswa masa kini bisa dikatakan sangat ironis, banyak mahasiswa yang tidak mempedulikan lingkungan disekitarnya. Menjadi mahasiswa yang tidak peka terhadap lingkungan yang hanya memperdulikan kepentingan pribadi, bersifat apatis dan terburu-buru dalam mengejar gelar akademiknya.

Menengok sejarah bangsa Indonesia, dalam reformasi 1998 saat peralihan dari orde lama ke orde baru yang meruntuhkan dan yang menjadi penggeraknya ialah mahasiswa. Sadar atau tidak , terlihat sekali mahasiswa sebagai kaum yang diharapkan untuk membawa perubahan, dan menjadi tulang punggung bangsa menuju ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan cita-cita para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia.

Semoga keadaan dunia mahasiswa yang sedang krisis ini tidak berlangsung lama, semoga kedepan mahasiswa bisa lebih memberikan kontribusi dan mengamalkan ilmu yang ia miliki bisa menjadi bermanfaat untuk kehidupan di masyarakat. Sehingga bisa membawa perubahan untuk bangsa ini sehingga menjadi bangsa yang lebih maju dengan dengan SDM yang mempunyai moral yang baik.(Yulianti/SM)