Langkah Ampuh Untuk Menghilangkan Hinyay di Wajah

Kini, perasaan resah nan gelisah menjamah diri mahasiswa tatkala kulit wajahnya terasa hinyay. Terefleksikan dengan gerak-gerik kurang pede,  lalu ‘digarap’ dengan mengusap-ngusap muka memakai tisu, atau ‘kertas penyerap minyak’.

Sepakat dengan fenomena ini? Jika ya, mari baca, dan terus scroll ke bawah tulisan yang setidaknya bisa menjadi sedikit solusi buat kamu, yang mempunyai minyak berlebih di wajah. Saya menganggap masalah ini cukup serius dan krusial, bagi ‘blantika penampilan’ di Kampus Biru. Karena saya merasa jengah dan lelah mendegar kawan sekaligus abang saya yang sering ngutruk, mengeluhkan wajahnya yang berminyak secara periodik dan frekuensi yang intens.

Jims hinyay aing sare didieu mah, balik ah, ka kosan,” gerutunya.

Dinukil dari suaramerdeka[dot]com, kulit berminyak memang banyak penyebabnya. Genetik, stress, pergantian musim, obat-obatan, serta kesalahan kosmetik adalah beberapa dari sekian banyak penyebab kulit wajah hinyay. Di sini, ada beberapa strategi agar kulit wajahmu setidaknya bisa terhindar dari jeratan minyak. Tips ini saya dapat setelah mewawancarai sejumlah mahasiswa Unisba.

  1. Jangan Malas Cuci Muka

Cara yang mainstream dan paling klise. Cuci muka. Setidaknya setelah cuci muka, wajahmu akan terasa segar. Semua orang mengamini ini, jadi, jika ingin hinyay-nya mereda, jangan malas cuci muka.

Seperti yang diungkapkan Satrio Adi Nugroho, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 2013.

“Saya suka cuci muka pake sabun muka, biasanya  pake Vaseline men Anti-Acne,”

  1. Mandi atuh

Kamu malas mandi? Bersiaplah untuk menjadikan wajahmu ladang minyak. Jika ingin terhindar dari muka hinyay, please, mandilah… Hal lain yang didapat, tubuhmu akan terasa segar dan wangi setelah mandi.

Trik ini digunakan oleh Rifki Aulia, mahasiswa baru Fakultas Mipa Jurusan Farmasi.

“Mandi pastinya, terus cari tempat teduh jangan kebanyakan di luar.”

  1. Tolong mukanya, di Lap

Instrumen pembersih wajah kini beragam di pasaran. Di era kontemporer ini, tisu kering, basah hingga tisu penghisap minyak tinggal kamu beli di indo atau yo (mart). Manfaatkanlah, gunakanlah.

Ngelap wajah menjadi jurus jitu untuk Sakinah, mahasiswa Fakultas Ekonomi 2014.

“Biasanya dilap gitu mukanya, terus kalau masih enggak enak mukanya buru-buru mah cuma di bedakin dikit aja.”

  1. Cuci Muka, Tapi Sabun Mukanya Harus Cocok di Kulit

Setelah hilang masalah satu, akan muncul masalah lain. Cuci muka sudah, pake sabun muka sudah, hinyay pun hilang di wajah. Tapi jerawat muncul?

Langkah ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran 2013, Retno Fauziah. Ia mengajurkanmu untuk pake sabun muka yang kadar sabunnya minimal, agar jerawat enggan muncul ke permukaan wajah.

“Cuci muka, kalo bisa pake cairan pencuci muka yang kadar sabunnya kecil biar enggak jerawatan.”

5.Wudhu-lah

Cara ini dijamin paling ampuh dari cara-cara yang di atas. Bagaimana tidak? Secara rutin wajahmu akan dibersihkan oleh air suci setiap lima waktu dalam sehari. Selain berkah, segar, tentu langkah ini bernilai ibadah.

Felia Rizkita Sophiana, mahasiswa Fakultas Psikologi 2014 memakai cara ini untuk menghindari hinyay.

“Kalau mukanya udah ngerasa lengket, sering sering wudhu jangan terlalu sering cuci muka pake sabun, waktu cuci mukanya pagi sama malem aja. Soalnya kalau terlalu sering cuci muka juga bikin kulit enggak bagus. Paling abis wudhu, langsung keringin terus bedakan.”

Itulah lima strategi yang layak dicoba, demi kemaslahatan wajah anda. “Jika tak di coba, tak akan tahu”.(Insan/SM)