Ini Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres di Televisi

Pasangan Prabowo-Hatta (kiri) dan Jokowi-JK (kanan) dalam acara deklarasi pemilihan presiden dan wakil presiden di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (3/6). (Foto: AFP)

Oleh : Sugiharto/SM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis jadwal debat capres-cawapres yang bakal dilaksanakan secara langsung di sejumlah televisi nasional. Jadwal tersebut akan dimulai, hari ini, 9 Juni 2014, dan berakhir pada 5 Juli 2014 mendatang.

Jadwal penayangan tersebut disesuaikan dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, dimana pelaksanaan debat dilakukan sebanyak lima kali dengan ketentuan dua kali untuk capres, dua kali untuk cawapres, dan satu kali untuk pasangan capres-cawapres. Berikut adalah jadwal dan tema debat capres-cawapres Peserta Pemilu 2014:

9 Juni 2014
Tema debat pertama akan mengangkat ihwal “Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum”. Peserta debat adalah kedua calon presiden, yakni Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Debat dengan durasi dua jam itu akan dimulai pukul 18.30 WIB, petang ini, yang akan disiarkan langsung oleh SCTV, Indosiar, dan Berita Satu TV.

15 Juni 2014
Tema debat adalah seputar “Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial”. Peserta debat merupakan kedua calon wakil presiden, yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Debat kedua tersebut akan disiarkan langsung oleh Metro TV dan Bloomberg.

22 Juni 2014
Ini adalah tanggal untuk debat selanjutnya bagi kedua calon presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Tema debat ihwal “Politik Internal dan Ketahanan Nasional” yang akan disiarkan langsung oleh TV One dan ANTV.

29 Juni 2014
Debat bagi kedua calon presiden, Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla, dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK”. Nantinya, debat tersebut akan disiarkan langsung oleh RCTI, MNC TV, dan Global TV.

5 Juli 2014
Empat hari menjelang pemungutan suara, KPU akan menggelar debat terakhir bagi para Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. Debat itu merupakan debat gabungan bagi kedua pasang calon, Prabowo-Hatta dan Jokowi-Kalla. Tema debat mengenai “Pangan, Energi, dan Lingkungan” akan disiarkan langsung oleh TVRI dan Kompas TV.