Empat Cara Meraih Beasiswa

Foto: Net

Suaramahasiswa.info, Unisba – Beasiswa dipandang sulit untuk didapatkan oleh sebagian orang. Kesulitan mulai dari informasi hingga waktu pengumpulan syarat beasiswa pun terkadang menjadi kendala kebanyakan mahasiswa. Banyak beasiswa yang sebenarnya bisa didapatkan, menurut Irfan Safrudin selaku Sekretaris Umum Yayasan Unisba. Berikut tips yang ia berikan kepada mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa:

  1. Mencari Informasi. Universitas pun telah menyediakan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa Unisba. Selain itu, menurut Irfan informasi mengenai beasiswa ke luar negri pun sudah tersedia luas di internet, itu tinggal usaha dari mahasiswa untuk meraihnya. “Mencari informasi itu sangat penting. Harus dibedakan saat menjadi siswa dan mahasiswa karena ketika telah menginjakan kaki di universitas tingkat kemandiriannya harus tinggi sehingga kita tidak kalah saing,” tuturnya.
  1. Mengikuti Organisasi. Prestasi di jalur non-akademik akan menjadi nilai tambah saat mengikuti beasiswa. Selain itu, dengan mengikuti organisasi dapat menambah wawasan, pengetahuan, serta kompetensi yang dimiliki setiap orang dari perluasan hubungan pertemanan tersebut.
  1. Baik secara Akademik. Ber IPK 3.5 selain membanggakan orang tua, tentunya IPK menjadi salah satu syarat dan menjadi nilai lebih untuk mendapatkan beasiswa.
  1. Mempersiapkan surat-surat. Terkadang mahasiswa baru menyadari adanya beasiswa saat menjelang h-2 pengumpulan syarat untuk mendapatkan beasiswa. Untuk mengakali hal ini, bisa mempersiapakan foto, materai, photocopy KTP/KTM, kartu keluarga, izajah, riwayat hidup, transkip nilai, surat keterangan berorganisasi dan prestasi. Jadi saat ada informasi mengenai beasiswa mahasiswa hanya tinggal meminta surat keterangan dari fakultas atau universitas.

Irfan pun berpesan agar mahasiswa tidak malas untuk mendapatkan beasiswa. Itulah empat tips untuk mendapatkan beasiswa menurut pria yang sudah mengajar di Unisba sejak 1991  itu. (Wulan/SM)

 

 

2 thoughts on “Empat Cara Meraih Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *