Degradasi Moral Anak Bangsa

Oleh: Yulianti

Konsep character building yang digembor-gemborkan selama masa pemerintahan lebih dari 4 dasawarsa lalu oleh Presiden pertama Indonesia Bung Karno, apakah masih tumbuh di masa modern ini?

Siswi yang masih belajar di SMP, SMA, dan mahasiswi yang juga masih aktif kuliah terlibat jaringan prostitusi. Para siswa yang masih aktif belajar di SMP dan SMA sibuk melakukan tawuran. Segolongan kelompok yang berdemo dengan melakukan aksi anarki dan merusak fasilitas di sekelilingnya, dengan bangga mengatakan bahwa mereka adalah mahasiswa. Selain itu banyak anggota DPR yang seharusnya tergolong masyarakat terhormat, juga terjerumus dalam aksi kriminal.

Terlibat dalam korupsi, uang suap, skandal , pelecehan seksual, dan berbagai tindak kriminal . Belum lagi di dunia hukum sudah banyak kejadian-kejadian yang sama sekali tidak pantas dilakukan oleh para penegak hukum seperti suap dan ketidakadilan. Ada pula pejabat pemerintahan yang tugasnya mengayomi masyarakat malah melakukan kejahatan terhadap rakyat. Bahkan yang paling meresahkan, agama pun dijadikan kedok untuk menciptakan teror dimana-mana, KKN pun berkembang biak sampai ke tingkat kelurahan. Sementara di tingkat masyarakat kelaparan, kemiskinan, dan pengangguran masih terjadi, banyak orang yang hidup di bawah garis kemiskinan . Rakyat jelas butuh pendidikan yang baik, namun pendidikan yang didapatkan adalah rongsokan.

Negeri ini memang sedang mengalami krisis. Dari semua peristiwa , beberapa yang diceritakan tadi hanyalah sebagian kecil yang terjadi di negeri kita tercinta ini. Mirisnya, yang paling membahayakan adalah KRISIS MORAL.

Pertanyaannya sampai kapan akan kembali normal? Apakah bangsa yang negerinya kaya raya ini akan ambruk dengan penyakit yang ada dan lahir di dalam dirinya sendiri, baru kita akan berbenah diri? Saya yakin apabila kita bersama mempunyai keinginan untuk menjadikan moral anak bangsa lebih baik dengan pembentukan karakter yang kuat baik dari pendidikan formal maupun informal, bangsa ini akan tetap jaya. Dengan moral dan integritas bangsa yang masih kuat, tren yang menunjukan degradasi moral anak bangsa ini sudah hancur itu tidak akan bertahan.