Dari Pada Tidur, Mending Lakuin Hal Ini Waktu Puasa.

Bulan Ramadhan akhirnya datang juga. Jujur nih pasti kalian udah nungu datangnya bulan beribu berkah ini, iya kan?. Btw gimana puasanya? Lancar? Atau macet di warteng tegal sari?, Kalo kata nyokap mimin mah nih ya, “jangan batal ya puasanya, lebar soalnya belum tentu tahun depan ketemu lagi bulan ini.” Beuh sadis kan apa kata nyokap gua? Nah, sekarang tuh kita bakal ngasih tips buat agan-agan sama sistah-sistah biar pahala di bulan ini makin melimpah ruah, kaya spanduk pilpres gitu melimpah dimana-mana.

1. Solat Malam.
Mumpung lagi demam piala dunia, berartikan kamu lagi hobi-hobinya begadang. Nah biarkata udah ikut taraweh 11 ronde, hajar lagi dong sama solat malam. Lakuin aja waktu lagi jeda babak 1 atau tambahan waktu gitu. Ya disamping bisa nambah pahala kamu, bisa juga dijadiin ajang do’a bersama buat kemenangan tim jagoan kamu.

2. Jangan percaya jarkom.
Beberapa waktu yang lalu sebelum bulan puasa datang, banyak jarkom tentang warteg mana yang buka waktu bulan puasa. Pada dasarnya sih, yang namanya warteg tuh bakal tetep buka biar kata puasa atau kiamat sekalipun, tapi yang jadi pertanyaan nya apa kamu kuat buat nahan gak buka gorden tuh warteg. Soalnya sekali buka, kamu bakal nemuin jutaan kenikmatan dari mulai telor asin, kikil, sampe cumi balado. Beuh, sunggung menantang. Nah intinya kamu harus tau waktu yang tepat buat nyamperin tempat penuh kenikmatan tersebut, ya pastinya pas lagi bedug magrib, kalo beduk asar mah ntar kamu kena swiping abang-abang haji.

3. Liatin orang makan
Kalau kamu di rumah punya ade atau punya ponakan yang belum bisa puasa atau puasanya cuma setengah hari, jangan jadiin mereka sebagai ancaman buat batal puasa. Tapi jadiin ladang pahala, caranya gampang kok, kamu bisa ajarin mereka caranya puasa full sampai magrib, atau liatin aja mereka makan, itu juga udah nambahin pahala kamu asal kamu gak ikutan makan terus malah makan lebih banyak dari mereka.

4. Rutin buat touring
Yap, yang namanya touring kan biasa kita lakuin kalau lagi suntuk tuh. Nah sekarang kamu bisa jadiin ini alternatif ngabuburit. Coba muter-muter dari kota satu ke kota lainnya, dijamin waktu gak akan berasa berlalu. Terus kamu bakal dapet pahala yang melimpah kalo berhasil nahan emosi selama di jalan, dari mulai jalannya yang macet, ngehindarin truk sama mobil yang ugal-ugalan, ngehindarin lobang yang ada di jalan, sampe nyalip di kerumunan domba atau bebek yang lagi nyebrang. Dijamin puasa kamu lebih poll lagi.

5. Itiqaf
Yang ini nih, hal yang paling poll banget pahalanya. Kamu tinggal pergi ke Mesjid, kalo bisa yang jauh sekalian biar males pulang. Terus kamu ngabisin waktu di Mesjid dengan beragam varian ibadah menyejukan rohani, pasti udah melimpah ruah banget pahalanya. Mana makanan nya disediain sama pengurus mesjid, jadi selain dapat pahala kantong kamu juga aman coy. Tapi jangan sampai itiqaf di rumah sakit bersalin ya, ngapain juga itiqaf di sana.

Gimana? Keren kan tipsnya. Kamu mau ikutin yang mana nih? Ya intinya jadiin bulan ini sebagai ajang mendulang pahala ya. Jangan banyak tidur, biar kata tidur di bulan ini dapat pahala tapi kan lebih baik beraktifitas seperti biasa gitu. Ingat juga jangan bolong puasanya masa kalah sama Mat Jo. (M.Roby Iskandar/SM)