Awas Siklon Tropis, Perkuat Sistem Imun dengan Makanan Ini!

CUACA buruk yang melanda Indonesia semisal hujan deras dan angin kencang perlu diwaspadai, pada Januari 2014 ini. Hasil pemantauan BMKG menunjukkan bahwa siklon tropis ini disebabkan oleh gangguan cuaca dampak dari menghangatnya suhu muka laut perairan Indonesia.

Bagi Anda yang sering melakukan rutinitas di luar rumah perlu menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Cuaca buruk identik dengan berbagai penyakit, seperti batuk, flu, malaria hingga demam berdarah. Tak cukup menjaga lingkungan dan berolahraga, Anda perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini lantaran mampu memberikan dampak positif meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan Anda, seperti dikutip dari laman Meet Doctor, Senin (13/1).

Acai Berry, buah ini kaya akan kandungan zat antioksidan yang dapat membantu tubuh menghalau radikal bebas serta meningkatkan sikulasi peredaran darah ke seluruh tubuh.

Semangka, memiliki kandungan antioksidan, yaitu glutathione yang dapat membantu melawan infeksi.Tak hanya itu, semangka juga kaya akan sejumlah zat seperti air, protein, karbohidrat, abu, serat; vitamin A, B, dan C.

Kubis, sama seperti semangka, sayuran ini juga mengandung banyak glutathione yang sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai panganan pelengkap Anda sehari-hari.

Almond, jenis kacang ini merupakan panganan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Tak hanya rasanya yang lezat, kacang ini juga kaya protein, vitamin E dan vitamin B yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda di cuaca ekstrim seperti sekarang.

Jeruk, lantaran kaya vitamin C, buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan serangan infeksi yang disebabkan oleh virus.

Yogurt, makanan turunan produk susu ini mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan sistem imunitas, yogurt juga berguna untuk kesehatan saluran pencernaan.

Bayam, sayuran hijau kesukaan tokoh kartun Popeye ini termasuk “superfood” karena mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, seperti folic acid yang berfungsi untuk pembentukan sel baru.

Brokoli, sayuran ini telah dikenal sejak 2000 tahun silam sebagai panganan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan asam amino, vitamin C, dan sulfur membuat brokoli menjadi panganan penawar racun yang sangat baik. Tak hanya itu, The American Cancer Society merekomendasikan sayuran ini lantaran mengandung fitokimia zat anti kanker dan antioksidan.

Mulai saat ini, Anda dapat memperkaya hidangan di meja makan guna memberikan dampak positif untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan penyakit yang marak di musim hujan. (Sugiharto Purnama/SM)