[Artikel] Primadona Si Pemilik Akun ‘Foto-Foto’

“Wah cantik banget ya. Bisa nih gue jadiin gebetan”

“Eh liat deh lucu banget ya baju dia. Eh itu kalungnya juga cute banget!”

Coba ingat-ingat, kalian pernah ngeluarin kalimat itu nggak waktu lagi buka akun instagram dan nemu foto orang yang ngehits atau biasa disebut selebgram? Yap, merekalah orang-orang yang dianggap eksis di media sosial dan sering mendapat endorsement dari para pemilik bisnis online. Tak jarang, banyak remaja berwajah ‘gemes’ yang sekarang menjadi ‘mendadak seleb’ akibat postingan foto di akun instagramnya.

Salah satu keuntungan menjadi selebriti instagram alias selebgram adalah mendapat penghasilan. Siapa sangka, dari hobi mengunggah foto-foto malah bisa mendapatkan uang dari hasil endorsement. Selebgram dengan kategori perempuan, laki-laki, anak-anak, berhijab, kulit mulus, hingga kaum jetset telah berhasil dilahirkan dari media sosial instagram.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keinginan untuk show off atau menunjukan jati diri. Siapa yang tak senang jika dirinya menjadi pusat perhatian dan dikenal banyak orang? Cara yang dilakukan pun tentu beragam, salah satunya adalah dengan unjuk gigi melalui akun di media sosial. Namun, beberapa selebgram pernah memanfaatkan eksistensinya untuk menyindir dan menghina seseorang melalui akunnya sehingga menimbulkan perselisihan. Ada pula yang melakukan penipuan terhadap salah satu pemilik onlineshop. Nah loh, gimana tuh?

Silahkan berekspresi melalui cara apapun yang kita suka. Semuanya sah-sah saja selama tidak melanggar norma yang berlaku. Jika kawan-kawan menggandrungi media sosial, tak ada salahnya untuk berkarya melalui media tersebut dan pergunakan secara bijak. Tapi, eksistensi di media sosial juga harus dibarengi dengan di lingkungan sosial, pertemanan, maupun keluarga. Jangan sampai dunia nyata kalian dikalahkan oleh dunia maya.

Untuk kalian yang memiliki followers lebih dari 5000, likers selalu di atas 300, sering mendapat endorsement, masuk dalam @unisbahits atau @bandunggeulis, selalu dapat comment “Cantik banget sih” dan dibalas dengan “Makasih yang lebih cantik”, kalian bisa sedikit berbangga hati karena mungkin kalian telah menjadi selebgram. Bagi yang tidak menjadi selebgram, jangan khawatir. Kepribadian yang menarik tentu akan membuat kalian disukai banyak orang. So, jadilah diri sendiri dan gali setiap potensi yang dimiliki. (Desyane/SM)