[Artikel] Prestasi Anak Bangsa yang Terabaikan

Setiap orang tentu ingin menggoreskan prestasi dan mendapat apresiasi atas karyanya. Saat ini, banyak karya anak bangsa yang bisa membanggakan hingga menembus batas negara, yap, populer hingga ke penjuru dunia. Tapi belum tentu mendapat tempat di negeri sendiri, miris.

Beberapa media seperti televisi, terus menerus memberitakan tentang harga daging yang melonjak, kekeringan, atau hal-hal lainnya yang menunjukkan permasalahan Indonesia. Terkesan negara kita ini susah dan banyak masalah. Padahal di balik itu, ada sesuatu yang bisa diperlihatkan kepada seluruh publik, yaitu prestasi dari anak Indonesia.
Bahkan tahun 2014 lalu, ada seorang anak asal Mojokerto, Jawa Timur menulis ‘Surat Untuk Capres 2014, Lihatlah Kami dari Segi Prestasi dan Akhlak’. Inti dari surat itu adalah kekecewaan karena prestasi anak Indonesia yang tidak dilirik. Namun, tidak semua diabaikan, masih ada beberapa orang yang diapresiasi, seperti diundang ke acara Talk Show dan sebagainya.

Perlu kalian ketahui, saat sebagian anak Indonesia galau karena putus cinta, update terus-terusan di sosial media, atau mahasiswa akhir yang skripsinya enggak kelar-kelar, tapi sebagian lainnya mampu berbicara lantang di dunia internasional. Ada profil singkat nih dari anak muda yang patut diketahui dan diapresiasi:

1. Rini Sugianto
Jika kalian pernah menonton Avengers, Hunger Games, atau The Hobbit berarti kalian sudah menikmati karya animator asal Indonesia ini. Rini telah bergabung dalam tim internasional loh, wow luar biasa.

2. Chris Lesmana
Pria yang satu ini mampu berbicara banyak di dunia desain otomatif dunia. Salah satu karyanya yaitu VW New Beetle yang lebih dikenal sebagai mobil kodok di Indonesia. Semua desain Chris sudah terdaftar di lembaga paten Amerika Serikat, duh ngiri deh.

3. Joey Alexander Sila
Nah anak yang menggemaskan ini adalah seorang pianis ABG yang mendunia. Dia berhasil mendapatkan perhatian internasional sebagai pianis cilik yang sangat piawai. Usianya memang baru 10 tahun, tapi ia sudah ramai diberitakan di media internasional.

4. Tesla Manaf
Musikus jazz muda asal Bandung ini selalu totalitas dalam bermusik. Dia mampu membuat kolaborasi yang unik antara jazz dengan gamelan. Tesla dikontrak MoonJoon Records asal New York, Amerika Serikat, untuk produkti dua album.

5. Ricky Elson
Pembuat mobil listrik ini ternyata tidak mendapat tempat di Indonesia. Sekian lama Ricky menunggu izin mobil listrik dengan nama Selo dan Gendhis, namun apa daya izin pun tak kunjung keluar. Akhirnya ia memilih untuk kembali ke Jepang, karena terkesan telah digantung oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Itulah profil singkat dari sebagian anak Indonesia yang memiliki prestasi mendunia. Sayang sekali jika mereka ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah. Karya yang seharusnya bisa membuat bangga Indonesia, malah menjadi karya yang berkembang di negeri orang. Sentuhan dan dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan bakat mereka tentu penting. Suatu karya tentu tak ingin jika dijadikan pajangan saja bukan? Semoga kita bisa menghargai prestasi siapapun itu dan bisa menjadikannya inspirasi. Pemerintah pun semoga lebih bisa menjaga asset-aset anak muda Indonesia yang mampu memajukan negara ini. Good luck! (Intan S. Dewi/SM)