Angka 7 ala Indonesia

Berbicara tentang sejarah, Indonesia memiliki asam manis pahitnya perjalanan hidup bangsa ini. Sekumpulan sejarah tersirat dalam pikiran setiap orang yang merasakannya. Seperti sejarah angka 7 yang ada di Indonesia, pasti pembaca pernah melihat angka 7 dengan ‘sabuk atau garis’ ditengah angkanya.
Konon pada zaman penjajahan Belanda, pemerintah Belanda mendidik sedikit anak-anak pribumi  yang bertujuan untuk mempekerjakan orang pribumi sebagai pegawai rendahan. Nah, dari situlah ada keinginan dari pihak Belanda untuk membedakan tulisan pegawai pribumi, dengan cara mencirikan tulisannya.

Seperti dalam penulisan angka 7, orang pribumi diajarkan menambahkan ‘sabuk atau garis’ di tengah angkanya. Padahal jika diperhatikan lagi, angka 7 ‘bersabuk’ ini tidak ada mesin ketik, kalkulator,  komputer, hingga ponsel. Negara-negara pelosok dunia juga tidak menambahkan ‘sabuk’ pada angka 7 mereka. Namun hingga sekarang masih ada saja angka 7 ‘bersabuk’ yang berkeliaran di antara tulisan orang-orang Indonesia. Coba lihat penulisan angka 7 pembaca, masih adakah sabuk ditengah angka 7?
*dari berbagai sumber