5 Kebiasaan yang Bantu Meningkatkan Fungsi Otak

Foto ilustrasi.

Pernah nggak sih kepikiran kalau hal-hal sepele yang sering kamu lakuin ternyata mempunyai efek yang baik bagi otak? Bisa jadi sebagaian dari kebiasaan yang sering kamu lakuin dapat membantu memaksimalkan fungsi otak. Otak manusia disusun oleh seratus miliar sel-sel otak (neuron) dan seribu triliun sel pendukung (sel glia). Jika ada informasi yang masuk, sel-sel saraf tersebut dengan cepat membentuk koneksi untuk menyimpan dan memperkuat informasi yang diterima.

Dikutip dari buku Manajemen Kecerdasan (Taufiq, 2006:49), sebagain ahli otak memperkirakan bahwa kita baru memakai 20 persen sampai 50 persen dari potensi otak. Potensi alam bawah sadar, instuisi, dan konektivitas belum dipakai secara baik. Untuk itu agar fungsi otak tetap optimal, harus sering dirangsang supaya kinerja otak tetap baik. Hal itu bisa dibantu dari kebiasaan yang sering kamu lakuin.

  1. Mendengarkan Musik

Otak merupakan bagian tubuh yang tidak pernah istirahat, sekalipun sedang tidur. Meskipun begitu, kamu bisa memciptakan otak dalam keadaan rileks. Salah satunya dengan mendengarkan musik. Dalam buku Manajemen Kecerdasan disebutkan, bahwa dengan mendengarkan musik membuat otak menjadi santai, denyut nadi dan jantung, serta frekuensi nafas menjadi teratur. Sehingga organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal dan menjaganya agar tetap sehat (Taufiq, 2006:85).

Otak akan rileks saat  memasuki gelombang alfa (8-12Hz). Dilansir dari Jurnal Psikologi Vol.18, No. 2, 2010: 58-68 dalam “Otak, Musik, dan Proses Belajar”, otak pada ritme alfa adalah kondisi otak yang rileks namun waspada, sehingga bagian dari otak, yaitu hippocampus dan somatosensory, dapat bekerja dengan optimal (Ostrander, Ostrander, Schoeder, 2000). Mendengarkan musik sambil menari juga bisa melatih sedikit daerah sensorik otak dan semua daerah motorik.

  1. Minum Teh

Kebiasaan minum teh juga sangat baik lho bagi otak. Tentunya bukan teh sachet yang diseduh di kantin yah. Daun teh segar mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dengan sering meminum teh dapat menyuplai antioksidan yang cukup bagi otak (Taufiq, 2006:93). Selain itu aromanya yang khas juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Selain baik untuk otak, teh juga masih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jadi bagus banget nih bagi kamu yang suka nge-teh.

  1. Tidur Siang

Siapa nih yang suka tidur siang? Ternyata tidur siang bisa meningkatkan daya ingat lho. Dilansir dari CNN Indonesia (2016), berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam National Academy of Sciences, tidur siang membantu mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang. Tapi inget, jangan sampai hal itu dijadiin alesan buat males-malesan di siang hari dengan tidur berjam-jam yah guys, karena dalam penelitian tersebut hanya dianjurkan tidur siang selama 30 menit.

  1. Sarapan Pagi

Nah ini dia, kegiatan yang sering dilupakan sebelum melakukan aktivitas lain. Yah sarapan pagi. Menurut penelitian Sukiniarti (2015:316) dalam jurnal penelitian Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar, Vol.V/No.3/Oktober 2016 bahwa makan pagi memiliki manfaat dalam memberi energi untuk otak, sarapan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Sarapan juga sebagai pengganti energi setelah semalaman tidak menerima asupan makanan. Jadi sesibuk apapun kamu, yuk usahain buat sarapan pagi terlebih dahulu.

  1. Mencatat

Bagi kamu nih para mahasiswa, mulai sekarang jangan dehh males buat nyatet pelajaran di kelas. Jangan cuma difoto terus nggak dibaca juga. Karena manfaat dari kebiasaan mencatat itu bukan hanya sekedar bahan hapalan untuk ujian aja, melainkan membantu meningkatkan daya ingat. 

Berdasarkan Jurnal Psikologi Udayana 2014, Vol.1, No. 2, 241-250 yang berjudul “Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar”, siswa yang menggunakan gaya belajar visual khususnya teknik mencatat, dapat dikatakan memiliki tingkat kemampuan memori yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mencatat. Apalagi sekarang lagi musim ujian, biar inget pas mau ngejawab soal. Yuk biasain nyatet dari sekarang, tapi bukan buat contekan yah

Otak manusia merupakan salah satu anugerah luar biasa yang Tuhan berikan. Maka dari itu untuk bisa menggunakannya secara optimal harus selalu dirangsang dengan terus memberikan informasi- informasi baru. Selain itu melakukan hal-hal diatas juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak. (Gina/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *