5 Manfaat Berorganisasi yang Harus Kamu Ketahui

Foto Ilustrasi.

Kamu mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang)? Yakin? Jika dilihat dari segi psikologisnya, berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Fajrein (2016, h.46-47) mengenai perbedaan kepercayaan diri dan ketahanan stres. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi memiliki kepercayaan diri dan ketahanan stres lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi.

Tapi buat kamu mahasiswa baru atau mahasiswa yang belum bertaubat untuk tidak berorganisasi, berikut lima manfaat bergabung dalam Organisasi Mahasiswa di Unisba ala Suara Mahasiswa;

  1. Menyalurkan Hobi

Emang paling asyik tuh ngelakuin kegiatan sesuai hobi kita, dari hobi jadi profesi kan lumayan. Menyalurkan hobi dengan cara yang tepat juga bisa menjadi obat buat kamu setelah mumet seharian dengan kegiatan di kelas. Selain itu kamu juga akan lebih produktif dengan menghasilkan banyak karya, yang tentunya tidak akan pernah bosan untuk ngelakuin hal yang paling kamu senangi.

  1. Menumbuhkan Semangat

Jika mahasiswa kupu-kupu garis keras dan hanya mempelajari teori melulu di kelas. Tentunya akan membuatmu cepat bosan. Nah, coba carilah kegiatan atau organisasi yang bisa memberimu banyak ilmu dan hal-hal baru. Selain menambah wawasan kamu pun tidak akan cepat bosan. Hal itu juga bisa membangkitkan semangat kamu untuk terus berangkat ke kampus.

  1. Mengaplikasikan Teori di Kelas

Belajar di kelas saja memang tidaklah cukup untuk membantumu terus berkembang. Kamu butuh kegiatan di luar kelas yang mampu menunjang jurusan yang kamu pilih. Dengan berorganisasi kamu bisa mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas secara langsung. Karena untuk mendapatkan softskill, tidak bisa hanya berdiam diri di kelas saja.

Tentunya kamu harus banyak merasakan dan mencari pengalaman lainnya dengan mengikuti organisasi atau kegiatan lainnya. Tapi jangan melulu berharap selaras dengan jurusan, Najwa Shihab pun jurusan hukum tetapi menjadi jurnalis.

  1. Menambah Relasi

Ikut organisasi bukan cuma ngasah softskill saja, tapi manfaatnya bisa buat nambah relasi. Jangan sampai kamu hanya kenal teman sekelasmu saja. Tidak ada salahnya kamu membuka diri. Relasi itu penting lho, selain bisa menjadi teman diskusi yang asyik, bisa juga berguna buat masa depanmu nanti. Apalagi yang bersedia buat minjemin uang.  

Dikutip dari jurnal psikologi Undip (2013), menurut penelitian yang dilakukan oleh Foubert & Grainger (2006, h.180) menjelaskan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam organisasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan psikologisnya. Dituliskan dalam jurnalnya bahwa keterlibatan dalam organisasi akan semakin memperluas jaringan dan teman baru.

  1. Bisa Tidur Kapan Saja

Yang terakhir nih, keuntungan kamu ikutan organisasi apalagi yang memiliki sekretariat. Terutama buat kamu yang kosannya jauh dan gak tau harus kemana kalau lagi nunggu waktu kuliah. Kan bisa tuh langsung ke sekre sekedar untuk main atau numpang tidur.

Jadi gimana nih, apa kamu sudah menentukan mau ikut organisasi apa saja? Tapi sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kenali lebih dulu kegiatan yang akan kamu ikuti. Gak usah bingung, banyak organisasi yang siap menampung minat dan bakat kamu. Salah satunya bisa gabung Pers Suara Mahasiswa. (Gina/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *