Wajah Baru ‘Tuk Berkenalan Dengan Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Unisba 2019 sedang menyaksikan MC acara KBMU-Fest yang diadakan di Kampus Unisba Tamansari nomor 1, pada Minggu (29/9/2019). 

Menjadi mahasiswa yang baik memang susah-susah gampang. Tidak hanya dapat nilai bagus, kita juga diharapkan untuk aktif dalam berorganisasi dalam perkuliahan. Sudah banyak tugas kuliah yang menyita waktu santai, masih harus membagi waktu lagi untuk berorganisasi. Emang apa untungnya sih aktif organisasi?

Dikutip dari viva[dot]co[dot]id berorganisasi dapat melatih skill dan mengembangkan hobi anggota-anggotanya. Banyak organisasi yang memiliki konsep berbeda-beda berdasarkan minat, hobi, ataupun profesi. Selain itu, belakangan ini keaktifan berorganisasi juga menjadi salah satu nilai plus ketika kita akan melamar pekerjaan.

Nah, untuk mewadahinya, Badan Eksekutif Mahasiswa Unisba (BEMU) menyelenggarakan acara ‘KBMU-Fest’ nih. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu (29/09) yang dirancang sedemikian rupa untuk UKM dan LKM di Unisba dalam mengenalkan diri kepada mahasiswa baru.

KBMU-Fest berlangsung di beberapa tempat, seperti lapangan voli, lapangan parkir dan gedung Hj. Kartimi Kridoharsodjo. Acara ini menghadirkan berbagai macam rumpun organisasi di Unisba. Mereka terdiri dari rumpun bahasa, keilmuan, keagamaan, kewirausahaan, olahraga dan bela diri hingga media. 

BEMU yang telah menyelenggarakan Expo sejak sepuluh tahun yang lalu kini hadir menjadi KBMU-Fest dengan konsep yang berbeda. Bertemakan ‘Organize Giving a Breath Of Care’, acara tahun ini dibuat membaur sesuai dengan keinginan dari masing-masing UKM dan LKM dalam memperkenalkan dirinya.

“Ada yang melihat penampilan, ada yang presentasi, ada yang pengen kaya dibikin event pengen fun. Makannya pengen ada cap-cap kaya gitu, jadi seperti itu,” jelas Ketua Pelaksana Acara Muhammad Jefriendy.

Peserta yang hadir meliputi mahasiswa baru sejumlah 3065 orang, sehingga acaranya dibagi menjadi dua waktu. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB yang dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Dakwah, Teknik, Ilmu Komunikasi serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedangkan pada sesi kedua Fakultas Syariah, Tarbiyah, MIPA, Hukum dan Psikologi dimulai pukul 13.00 WIB. 

Seluruh perserta KBMU-Fest diharuskan untuk mendapatkan cap dari seluruh LKM dan UKM yang hadir, agar mengenal betul berbagai macam organisasi mahasiswa di Unisba. Sayangnya, sebanyak 195 mahasiswa baru dari Fakultas Kedokteran tak dapat hadir mengikuti rangkaian acara. Mereka tidak bisa hadir karena bertepatan dengan kegiatan dari Fakultasnya dan tidak memungkinkan untuk mengejar keterlambatan waktu.

Seorang peserta, Dinda Revtiani mengungkapkan bahwa acara ini begitu seru dan ramai.  “Pelajaran disini yang bisa diambil kaya kita lebih tau dari UKM-UKM tersebut. Soalnya kaya waktu pas ta’aruf dan PPMB, cuman hanya sekilas-sekilas aja,” ujar Dinda.

Begitu pun dengan mahasiswa Teknik Planologi, Nur Shifa merasa senang karena bisa lebih mengenal UKM dan LKM lebih baik. Ia pun berharap agar tahun berikutnya KBMU-Fest semakin meriah serta lebih tertata di tiap standnya. 

Reporter: Ervana Nurmelia

Penulis: Ervana Nurmelia

Editor: Meilda Amdza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *